Pages

Monday, March 4, 2013

Persaingan Pasar

Majalah Fortune melaporkan bahwa Doug Ivester dari Coca-Cola mendesak para manajernya untuk bekerja dengan aturan Ray Kroc, pendiri McDonald, “Apa yang Anda lakukan ketika pesaing Anda sedang tenggelam? Ambil selang karet dan masukkan ke dalam mulutnya.”

Pasar sekarang menjadi semakin kompetitif dibandingkan sebelumnya. Sebagian karena kompetisi global dan sebagian lagi karena waktu reaksi yang lebih cepat dan siklus hidup produk (product life cycle) yang lebih singkat. Tidak ada pasar yang selamat dari persaingan.

Pesaing-pesaing baru (pendatang baru) bermunculan dan membentuk perusahaannya sendiri dengan lebih bebas karena banyak peraturan dan rintangan perdagangan dunia (technical and trade barriers) yang dikurangi. Lihat bagaimana mata uang Euro meningkatkan meningkatkan persaingan karena perbandingan harga menjadi lebih mudah dan pelanggan mendapatkan kepercayaan diri. Pesaing-pesaing baru akan ditarik ke dalam pasar-pasar baru oleh pelanggan yang mencari harga dan produk yang lebih baik. Internet mempercepat persaingan karena batas-batas geografis menghilang dalam dunia cyber baru dan tercipta ruang pasar baru dimana pesaing-pesaing dari segala penjuru dunia bersaing untuk meningkatkan persentase pelanggan yang membeli melalui internet.

Meningkatkan penjualan adalah tujuan utama dari kebanyakan perusahaan. Satu cara untuk meraihnya adalah dengan menggaet pelanggan-pelanggan baru yang sebelumnya dimiliki oleh pesaing-pesaing Anda. Sama halnya, di luar sana ada pesaing-pesaing yang saat ini pun sedang menganalisis dan menargetkan pelanggan-pelanggan Anda. Tetapi, mereka tidak selalu mudah untuk dilihat. Persaingan dapat menyerbu penjualan perusahaan, pangsa pasar atau keuntungan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Suatu perusahaan yang berorientasi pasar (market oriented) secara terus-menerus mencoba untuk mengerti (melalui riset) tentang para pelanggan, para pesaing, kecenderungan jangka panjang, dan banyak hal lagi.

Suatu perusahaan yang berorientasi pada pasar yang riil menghabiskan waktu untuk mempelajari pelanggan-pelanggan, pesaing-pesaing, dan trend pasar. Seluruh pegawainya menjadi berorientasi pada pasar. Mereka dihimbau untuk mengembangkan hubungan abadi yang dapat membantu mempertahankan pelanggan supaya tetap loyal dan untuk menjaga mereka dari godaan persaingan.