Pages

Tuesday, March 5, 2013

Perhatikan Segmentasi Pasar Anda

Mengapa mempertimbangkan pasar-pasar yang tersegmentasi? Untuk sesaat, ingatlah tentang lukisan Rembrandt dan Picasso. Pada segmen tertentu, lukisan-lukisan tersebut tidak akan dijual seharga Rp 675.000,- dan juga tidak akan dijual  seharga Rp 6.750,- pada waktu yang keliru. Di segmen yang tepat, lukisan Rembrandt mungkin bisa dijual seharga 50 juta poundsterling. Mengapa Anda melakukan usaha yang sia-sia pada orang yang salah? Mengapa target utama tidak ditujukan pada orang yang menginginkan dan mampu membayar produk atau jasa Anda saja?

Segmentasi dan pemasaran target bukan hanya mengurangi kesia-siaan, akan tetapi juga membantu meningkatkan penjualan dan mendapatkan harga terbaik. Sejumlah orang mungkin lebih senang membeli produk, jasa, atau gagasan Anda dibanding orang lain.

Waktu yang dihabiskan dengan hati-hati dalam segmentasi dan secara akurat dalam penargetan (targeting), akan membantu mendapatkan orang-orang yang tepat. Penargetan yang ceroboh bukan hanya membuang-buang sumber daya, melainkan juga bisa membahayakan reputasi perusahaan. Tanpa segmentasi, kemungkinan sukses akan berkurang. Segmentasi yang hati-hati berarti menaburkan benih untuk keberhasilan. Perlu waktu untuk memikirkan siapa pelanggan terbaik Anda, di segmen mana mereka berada, dan bagaimana mendapatkan atau menjangkau mereka.

Segmentasi membantu melihat para pelanggan target secara lebih efektif. Apabila Anda tidak mengetahui apa target Anda, bagaimana Anda bisa mencapainya? Segmentasi memungkinkan pemasar untuk menembus pasar, menitikberatkan pada segmen terbaik, dan mendapatkan para pelanggan baru yang mungkin tersesat dalam lautan konsumen. Segmentasi dalam beberapa hal mendorong pemasar untuk belajar lebih banyak mengenai para pelanggan. Suatu kajian berkala mengenai pasar dan segmennya mendorong pemasar untuk memikirkan para pelanggan, kebutuhan, dan keadaan mereka yang berubah. Jenis penelitian pasar ini mempertahankan kedekatan Anda dengan pelanggan, yang berarti Anda mungkin lebih memahami dan memuaskan kebutuhan pelanggan sekarang dan di masa mendatang.

Pemahaman atas kebutuhan para pelanggan yang lebih dekat’ ini membantu melindungi customer base yang ada dari suatu perusahaan terhadap serangan gencar yang tidak bisa dielakkan dan tawaran-tawaran dari para pesaing. Karena gelombang demi gelombang pemasok yang kompetitif muncul pada horison global, perusahaan yang mendekati para pelanggan mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk mempertahankan para pelanggannya.

Dengan tetap mendekati para pelanggan dan memberikan respon terhadap kebutuhan perubahan membantu mempertahankan kepuasan para pelanggan dengan mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dan prioritas-prioritas mereka, dan kemudian mengembangkan produk-produk dan jasa-jasa yang dibutuhkan oleh segmen pelanggan khusus. Kesimpulannya, dengan tetap mendekati para pelanggan, maka perusahaan akan mempertahankan para pelanggan yang mereka miliki. Mempertahankan pelanggan sangat penting terutama karena para pelanggan yang ada bisa menjadi lima kali lebih menguntungkan dibanding para pelanggan baru.

Pengidentifikasian apa yang diinginkan masing-masing segmen, apa yang bisa dihasilkan segmen itu, apakah segmen itu loyal kepada pesaing tertentu dan bagaimana segmen tersebut merespon tawaran Anda, merupakan informasi yang sangat penting bagi pemasar.

Segmentasi yang hati-hati dan targeting yang akurat akan mempertahankan kedekatan Anda dengan pasar, mengurangi pemborosan, mendapatkan pelanggan yang terbaik, dan membantu mempertahankan kepuasan mereka.