Pages

Thursday, March 21, 2013

Elemen-Elemen Dalam Rencana Pemasaran

Banyak terdapat perbedaan pendekatan dalam membangun sebuah rencana pemasaran. Tidak ada satu pendekatan tunggal yang umum. Namun, ada beberapa elemen penting yang harus dimiliki oleh setiap rencana pemasaran. Sistem perencanaan SOSTAC mencakup semua elemen tersebut. Gunakan sistem tersebut, maka Anda akan berada di jalur yang tepat untuk membangun sebuah rencana yang komprehensif dan terstruktur secara baik. Anda juga dapat menggunakan pendekatan ini untuk memeriksa rencana-rencana lainnya guna melihat apakah rencana-rencana tersebut sudah komprehensif dan sudah memasukkan semua hal penting yang dibutuhkan dalam setiap perencanaan.
  • S (Situation Analysis) = analisis situasi, yaitu di mana kita saat ini?
  • O (Objectives) = sasaran, yaitu ke mana kita akan pergi?
  • S (Strategy) = strategi, yaitu meringkas bagaimana kita akan sampai di tujuan.
  • T (Tactics) = taktik, yaitu rincian dari strategi.
  • A (Actions) = pelaksanaan, yaitu menempatkan rencana untuk dilaksanakan.
  • C (Control) = pengawasan, yaitu mengukur, memonitor, meninjau ulang, memperbaharui, dan memodifikasi.
Masukkan 3M, tiga sumber daya utama: men, money, dan minutes. Jika Anda dapat mengingat SOSTAC + 3M dan menerapkannya ke dalam rencana pemasaran, berarti Anda telah memiliki kerangka yang benar untuk membuat rencana pemasaran yang baik. Kenyataannya, Anda sudah memiliki garis besar dari sebuah rencana. Berikut ini pendapat beberapa ahli mengenai SOSTAC.

Philip Kotler, “SOSTAC merupakan sebuah sistem untuk memeriksa tahapan dan membangun sebuah rencana pemasaran.”

Sam Howe, “SOSTAC adalah pendekatan yang sangat baik bagi setiap orang untuk maju dan membangun rencana pemasaran.”

Peter Liney, “Saya pikir SOSTAC sangat baik untuk mengidentifikasi komponen-komponen utama yang sedang Anda kerjakan dalam pemasaran.”

Ada satu pertanyaan: di mana Anda akan menempatkan pasar target, bauran pemasaran, dan penetapan posisi (positioning) dalam SOSTAC? Pasar target selalu muncul hampir di semua tempat. Pasar target menjadi sangat penting. Sekali saja Anda mampu mengidentifikasikannya dalam sasaran, maka akan selalu muncul dalam rencana pemasaran secara keseluruhan: dalam analisis situasi, sasaran, strategi, taktik, dan lain-lain.