- S (Situation Analysis) = analisis situasi, yaitu di mana kita saat ini?
- O (Objectives) = sasaran, yaitu ke mana kita akan pergi?
- S (Strategy) = strategi, yaitu meringkas bagaimana kita akan sampai di tujuan.
- T (Tactics) = taktik, yaitu rincian dari strategi.
- A (Actions) = pelaksanaan, yaitu menempatkan rencana untuk dilaksanakan.
- C (Control) = pengawasan, yaitu mengukur, memonitor, meninjau ulang, memperbaharui, dan memodifikasi.
Philip Kotler, “SOSTAC merupakan sebuah sistem untuk memeriksa tahapan dan membangun sebuah rencana pemasaran.”
Sam Howe, “SOSTAC adalah pendekatan yang sangat baik bagi setiap orang untuk maju dan membangun rencana pemasaran.”
Peter Liney, “Saya pikir SOSTAC sangat baik untuk mengidentifikasi komponen-komponen utama yang sedang Anda kerjakan dalam pemasaran.”
Ada satu pertanyaan: di mana Anda akan menempatkan pasar target, bauran pemasaran, dan penetapan posisi (positioning) dalam SOSTAC? Pasar target selalu muncul hampir di semua tempat. Pasar target menjadi sangat penting. Sekali saja Anda mampu mengidentifikasikannya dalam sasaran, maka akan selalu muncul dalam rencana pemasaran secara keseluruhan: dalam analisis situasi, sasaran, strategi, taktik, dan lain-lain.