Pages

Wednesday, March 20, 2013

Bauran Pemasaran Selain 4P

Konsep 4P hanya merupakan suatu pendekatan untuk bauran pemasaran. Masih ada beberapa pendekatan lainnya.

Philip Kotler lebih suka menggunakan 4C. Dia menyatakan bahwa 4P merupakan bauran penjual (seller’s mix) atau pendekatan yang berorientasi pada penjualan (sales-oriented approach), dan karenanya lebih baik diganti dengan pendekatan 4C yang lebih berorientasi pada pelanggan (customer oriented), atau berorientasi pada pemasaran.
  • Product = Customer Benefit (kepentingan pelanggan)
  • Price = Cost to Customer (biaya bagi pelanggan)
  • Place = Convenience (kenyamanan)
  • Promotion = Communication (komunikasi)
Kembali ke 4P, sebagian kalangan ada yang menganggap bahwa pendekatan bauran pemasaran ini mengabaikan bagian pemasaran yang paling penting, yaitu pusat seluruh pemasaran. Apakah yang dimaksud dengan pusat seluruh pemasaran? P yang kelima adalah People (orang-orang), yaitu para pelanggan dan pekerja. Para pelanggan adalah pusat dari seluruh pemasaran. Namun demikian, orang-orang dalam konteks bauran pemasaran biasanya berarti para pekerja.

Sekarang kita lanjutkan pada 7P. Walaupun 4P bisa digunakan untuk produk-produk dan jasa-jasa, sebagian kalangan menganggap bahwa 4P berfungsi lebih baik untuk produk-produk dibandingkan untuk jasa-jasa.

Para akademisi Amerika, Booms & Bitner, menganggap bahwa 7P lebih cocok untuk sektor jasa seperti hotel atau perusahaan angkutan.  Dalam 7P, 4P-nya adalah sama, yaitu product, price, place, dan promotion. 3P berikutnya adalah People, Process, dan Physical Evidence (bukti fisik). Masing-masing P tersebut mempengaruhi apa yang ditawarkan kepada pelanggan. People adalah para pekerja. Process berarti produksi dan penyerahan jasa. Physical Evidence merupakan interior dan eksterior bangunan (simbol, pakaian, seragam karyawan, dan sebagainya).
Pada tahun 1961, Albert Frey menyatakan bahwa semua variabel bauran pemasaran dapat dikelompokkan menjadi dua bagian:
  1. Penawaran (the offering)
  2. Metode dan alat-alat (the methods and tools)
Penawaran terdiri dari produk, pengepakan, jasa, merek, dan harga, sementara metode dan alat-alat meliputi saluran distribusi, penjualan perorangan, iklan, dan promosi penjualan.
Dengan demikian, ada beragam cara berbeda untuk mengelompokkan bauran pemasaran. Juga terdapat berbagai cara yang berbeda untuk menggabungkan bauran. Hal ini akan kita bahas pada artikel-artikel selanjutnya.