Pages

Friday, March 15, 2013

Apa Itu Bauran Pemasaran?

Apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran (marketing mix)? Bauran pemasaran merupakan suatu kerangka kerja yang membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk setiap pasar. Bauran pemasaran merupakan suatu kumpulan variabel yang dapat dikontrol yang ditawarkan kepada (dan mempengaruhi) pelanggan. Variabel-variabel tersebut meliputi: produk/jasa itu sendiri, ketersediaannya, imagenya (cara promosinya), dan harga yang harus dibayar untuk mendapatkannya.

Variabel-variabel tersebut merupakan sejumlah unsur (4P) dimana seorang manajer pemasaran harus membaurkannya secara bersama-sama dalam mengoptimalkan sejumlah sumber daya yang terbatas. Pada tahun 1960, Jerome McCarthy memperkenalkan konsep 4P kepada dunia. Sejak itu, para manajer pemasaran di seluruh dunia menjadi terbiasa dengan 4P (product, price, place, and promotion). Selain 4P ada pendekatan-pendekatan lain untuk bauran (khususnya bauran jasa/7P). Namun di sini kita hanya akan membahas secara singkat setiap unsur dari 4P tersebut.

Product (produk), yaitu kualitas produk atau jasa, fungsi-fungsi, sifat, ciri-ciri, dan keuntungan karena desain dan pengepakan, garansi/jaminan, serta pelayanan purna jual (after sales service). Berbagai pilihan bisa dibuat untuk aspek-aspek mana pun.

Price (harga), meliputi harga yang ditawarkan kepada end-user, harga perdagangan distributor, diskon/potongan tunai, diskon besar-besaran dan kredit berjangka.

Place (tempat), di mana dan kapan para pelanggan membeli dan mengkonsumsi produk atau jasa itu. Tempat kadang-kadang dihubungkan dengan saluran pemasaran, distribusi fisik logistik atau lokasi.

Promotion (promosi), merupakan bauran promosi atau bauran komunikasi. Bauran ini meliputi reklame/periklanan, promosi penjualan, publisitas atau pemberitaan, direct mail, pertunjukan, pameran, pengepakan, penjualan, dan juga secara lisan (dari mulut ke mulut).

Jadi, bauran seperti apa yang terbaik? Seorang manajer pemasaran harus menyulap sumber daya dan memutuskan bauran pemasaran yang terbaik. Apakah uang harus dibelanjakan atau dikorbankan pada saat harga diturunkan, pada saat kualitas produk-produk ditingkatkan, atau untuk menambah armada truk pengiriman baru? Atau mungkin menginvestasikan seluruh uang Anda pada kampanye iklan TV yang beresiko tinggi? Di samping itu, pilihan pasar target mempengaruhi bauran tersebut. Profesor Philip Kotler menulis:

“Sebagai contoh, di India, Anda menjual per batang rokok, bukan menjual per bungkus, sehingga terdapat banyak lokalisasi. Kesalahan terbesar yang sering dibuat perusahaan adalah dengan menganggap bahwa cara perusahaan menjual suatu produk di negaranya merupakan cara yang sama untuk memasarkan produk itu di negara lain.”

Jadi bauran tersebut harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan pasar. Meskipun demikian, 4P hanya merupakan suatu pendekatan untuk bauran pemasaran. Anda dapat menerapkan pendekatan-pendekatan lain dalam artikel-artikel berikutnya.