Pages

Wednesday, March 20, 2013

Bagaimana Menggabungkan Bauran Pemasaran?

Tidak ada satu pun bauran pemasaran yang sempurna. Namun ada beberapa bauran pemasaran yang memang lebih baik dibandingkan bauran pemasaran yang lain. Bauran pemasaran memiliki jumlah gabungan atau bauran yang tidak terbatas. Produk yang sama dapat secara ekstrim memiliki bauran yang berbeda untuk segmen-segmen pasar yang berbeda di seluruh dunia.

Rentang tingkat harga, pilihan-pilihan distribusi, modifikasi produk, dan strategi-strategi promosi, semuanya bisa digabungkan dengan cara-cara yang berbeda. Namun, semuanya harus sesuai atau tepat untuk mengkonsolidasikan atau menggabungkan positioning tunggal yang diinginkan dalam suatu segmen pasar tertentu.

Penggabungan tidak bisa terjadi dalam arah yang berbeda. Misalnya, harga tinggi untuk barang-barang berkualitas rendah tidaklah masuk akal dalam dunia bisnis jangka panjang yang berkesinambungan dengan konsep relationship marketing. Begitu juga, barang-barang dengan kualitas yang rendah, produk-produk dengan harga diskon akan sulit mendapatkan distribusi di toko barang mewah papan atas (luxury upmarket store).

Di bawah ini contoh produk baru. Pasarkan. Gabungkan bauran pemasarannya.

Seorang teman ibu telah mengembangkan sebuah jam tangan yang mempunyai video phone dan kaca pembesar untuk melihat. Gabungan miniatur dan alat-alat microchips jam tangan video bisa dihasilkan sedikitnya seharga $2 per unit. Dia meminta Anda untuk membantu menyusun rancangan/skema bauran pemasaran. Misalkan ada dua bauran yang berbeda. Apa yang akan Anda lakukan? Pertanyaan pertama yang akan disampaikan adalah apa yang dimaksud dengan pasar? Kemudian, apa keuntungan yang diperoleh dengan menghasilkan produk itu? Siapa yang menikmati keuntungan-keuntungan tersebut? Selanjutnya, perhatikan berbagai segmen dan kemungkinan pasar target yang juga akan membantu. Pandangan yang jelas tentang positioning juga akan membantu. Pemahaman tentang berapa jumlah sumber daya yang dimiliki perusahaan juga sangat penting.

Salah satu pilihan yang diajukan adalah harga eceran untuk jam tangan video phone sebesar $1.000, yang didistribusikan melalui toko barang-barang mewah, serta dipromosikan melalui display di dalam toko yang didukung dengan mail shots yang terbatas dan kampanye public relation.

Sekarang, perhatikan pilihan lain. Saat ini adalah waktu untuk mengubah bauran pemasaran secara radikal. Turunkan harga dan jual jam tangan itu dalam paket yang berisi dua buah melalui gudang rabat (discount warehouse) yang didukung oleh kampanye iklan TV nasional.

Setiap unsur dalam bauran itu dapat berubah-ubah, misalnya jam tangan bisa dibuat dari plastik atau platina. Jam itu bisa memberikan jangka waktu garansi atau menjadi produk sekali pakai (disposable product). Jam bisa mempunyai banyak tambahan aksesoris seperti kancing berlian, tali kulit, bungkus sutra, garansi, dan sebagainya. Dengan kata lain, jam tidak mempunyai biaya tambahan dan tanpa tambahan lainnya. Hanya jam tangan video biasa.

Keputusan-keputusan tersebut mengharuskan manajer pemasaran berusaha membuat analisa situasi, pasar, kebutuhannya, sektor-sektornya, prioritasnya, dan sumber-sumber daya dalam perusahaan dengan hati-hati. Dengan demikian, apakah ada bauran pemasaran tunggal yang sempurna? Tidak, walaupun sejumlah bauran pemasaran memang ada yang lebih baik dibandingkan dengan bauran pemasaran lainnya.

Pada akhirnya, sejumlah negara membutuhkan bauran yang berbeda. Sejumlah segmen membutuhkan bauran yang berbeda walaupun dalam negara yang sama. Bauran pemasaran bisa berubah sesuai dengan kebutuhan pasar, yang memang sesuai dengan sifatnya yang selalu berubah.