Pages

Wednesday, March 20, 2013

Bauran Pemasaran Harus Berubah

Bauran pemasaran terbaik dalam satu periode tidak akan menjadi efektif dalam periode yang lain. Bauran pemasaran selalu berubah setiap saat. Di antaranya akibat dari perubahan pasar, perkembangan sektor-sektor baru, perkembangan trend, perubahan sikap, munculnya positioning ideal, pergeseran teknologi, penemuan produk-produk baru, dan munculnya saluran distribusi yang berbeda.

Lihatlah pasar komputer atau PC. Saat ini PC merupakan produk yang lebih baik, mempunyai harga yang jauh lebih murah, dan menggunakan metode distribusi yang berbeda dibanding 10 tahun yang lalu. Ribuan orang membeli PC melalui pesanan email atau telepon. Hal ini tidak pernah terjadi 10 tahun yang lalu.

Bauran pemasaran harus berubah untuk memenuhi kondisi-kondisi pasar yang baru. Berikut ini sebuah contoh tentang bagaimana unsur-unsur bauran pemasaran yang berbeda, yang mendominasi pasar eceran bahan bakar minyak di United Kingdom selama periode tertentu. Pada awal tahun 1960-an, kinerja produk dan daya tahannya merupakan hal yang sangat penting. Kemudian perhatian pemasaran bergeser ke promosi dengan perang Green Shield Stamps pada akhir tahun 1960-an. Distribusi fisik dan sumber pasokan (penawaran) menjadi penting selama krisis minyak pertama pada tahun 1974, yang selanjutnya diikuti dengan penawaran dan distribusi selama krisis minyak kedua pada tahun 1979. Pada awal dekade 80-an ditemukan lokasi dan rancangan tempat eceran yang baru sebagai kunci untuk keunggulan kompetitif. Pada pertengahan dekade 80-an, hal ini diikuti dengan perang promosi penjualan karena pengecer bahan bakar minyak bersaing dengan memberikan hadiah, penghargaan, dan kartu penarikan (scratch cards). Promosi penjualan tersebut didukung dengan anggaran iklan yang besar. Dengan demikian, sekarang ini iklanlah yang mempromosikan produk itu sendiri. Sejumlah kampanye iklan pun bahkan telah mengiklankan kenyataan bahwa para pesaingnya mempunyai promosi penjualan yang kurang bermutu (inferior). Dalam milenium kedua muncul lebih banyak kemitraan (partnership) dan aliansi di halaman depan gedung-gedung dan supermarket. Bauran pemasaran bisa berubah setiap waktu. Bauran pemasaran juga bisa berubah dalam waktu yang lama.

Hal itu benar-benar terjadi di pasar-pasar internasional. Dalam pasar internasional pendekatan-pendekatan tertentu untuk iklan dan promosi bisa diterima di sejumlah negara, tetapi tidak bisa diterima di negara lain, atau jaringan distribusi dibatasi, atau struktur harga dibuat sangat berbeda. Bauran yang optimal dipengaruhi oleh kebijakan jangka panjang perusahaan terhadap penjualan yang berulang-ulang, strategi positioningnya, penyeleksian pasar target, sumber daya perusahaan, tingkat persaingan, dan kemampuan atau kemauan untuk mengubah bauran sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan pasar tertentu.

Akhirnya, bauran yang ideal bisa mendukung positioning yang ideal di sebagian besar pasar target yang menarik.