Pages

Friday, March 22, 2013

Apa Perbedaan Strategi dan Taktik?

Dalam SOSTAC, SOS adalah singkatan dari situation analysis, objectives, dan strategy. Sedangkan TAC adalah singkatan dari tactics, action, dan control. Mari kita lihat taktik – atau rincian strategi. Strategi meringkas cara mencapai tujuan secara umum – gambaran besar. Taktik, di lain pihak, tertuju pada seluruh keputusan yang dirinci secara detail sehubungan dengan bauran pemasaran dan pasar target.

Profesor Peter Doyle mengatakan, “Taktik yang sesungguhnya berkaitan dengan bauran pemasaran. Kebijakan penentuan harga mana yang harus diikuti, berapa macam produk yang Anda butuhkan, bagaimana Anda harus mengiklankan dan mempromosikan produk tersebut, saluran distribusi apa yang akan Anda butuhkan.”

Taktik cenderung untuk jangka pendek dan lebih fleksibel, sementara strategi lebih condong untuk hal yang berjangka panjang dan lebih tahan. Taktik hanya timbul setelah strategi benar-benar telah disetujui. Sayangnya, ini tidaklah yang selalu terjadi. Kadang-kadang ide-ide taktis membawa perusahaan dari situasi ke situasi tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu gambaran yang lebih besar, yaitu arah strategi secara keseluruhan.

Ide-ide yang cemerlang adalah bagus, sepanjang cocok dan memberi kontribusi terhadap strategi jangka panjang yang bijaksana. Taktik tidak harus mengendalikan strategi karena taktik mempunyai visi yang berjangka lebih pendek daripada strategi. Suatu perusahaan tidak harus tergantung taktik jangka pendek untuk memecahkan masalah-masalah jangka panjang. Kebanyakan pelanggan menawarkan kesempatan-kesempatan untuk mengulang bisnis berjangka panjang. Taktik jangka pendek tidak akan membangun hubungan berjangka panjang dan tidak akan mencapai pemasaran yang ditujukan untuk menjaga hubungan baik (relationship marketing).

Bila Anda mengerti perbedaan antara jangka pendek dan jangka panjang, maka Anda akan lebih mengerti perbedaan antara strategi dan taktik. Transaksi jangka pendek tidak menyediakan solusi jangka panjang. Taktik merupakan hal yang penting, tetapi taktik perlu dipadukan bersama-sama dengan strategi untuk mendapatkan efektifitas yang maksimal.