Pages

Thursday, February 28, 2013

Apakah Pemasaran Itu?

Ada banyak definisi yang berbeda tentang pemasaran. Pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan termasuk periklanan (advertising), penjualan (selling), hubungan masyarakat (public relation), promosi penjualan, (sales promotion), direct mail, penentuan harga (pricing), riset pasar (market research), dan sebagainya. Pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu filsafat atau pendekatan bisnis. Berbagai lembaga atau institusi di seluruh dunia mempunyai definisi yang berbeda. Cartered Institute of Marketing di Inggris mendefinisikan pemasaran sebagai proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan kebutuhan pelanggan yang menguntungkan. Kata keuntungan (profit), jika diartikan secara harfiah, tidak termasuk bantuan yang besar dari organisasi-organisasi nirlaba seperti lembaga-lembaga sosial (charities) yang tujuan akhirnya bukan untuk mencari profit.

Berikut ini beberapa kutipan tentang pengertian pemasaran dari para profesional pemasaran:

“Hal yang paling penting dari pemasaran adalah diperlukan waktu satu jam untuk belajar dan sepanjang waktu untuk menjadi ahli. Saya pikir bahwa dalam dirinya sendiri hal itu merupakan salah satu dari sedikit yang menjadi daya tarik pemasaran. Peter Drucker, ahli teori manajemen terkenal, mengatakan, ‘Peranan pemasaran adalah untuk membuat tenaga penjualan menjadi berlebihan (redundant)’. Semacam suatu pendekatan yang agresif yang saya suka dalam menggunakan tenaga penjualan. Apakah Drucker benar atau salah? Yang benar adalah jika Anda menggunakan definisi klasik tentang pemasaran, yaitu mendapatkan produk yang benar pada tempat yang benar dengan harga yang benar dan pada tingkat promosi yang benar. Jika Anda, sebagai seorang pemasar, melakukan semua itu, maka Anda sebenarnya dapat meniadakan kebutuhan tenaga penjualan.” Kata John Leftwich, European Marketing Director, Microsoft.

“Dalam hal mendefinisikan pemasaran, saya selalu menemukan hal itu semacam pertanyaan yang abadi. Nasehat saya kepada setiap orang adalah untuk pergi dan bertemu dengan Philip Kotler (penulis Principles of Marketing) karena di situlah jawaban dapat ditemukan dan dia akan mengatakan semuanya tentang 4P (Price, Promotion, Product, and Place). Dari buku teks klasik, saya pikir itulah yang akan saya cari. Dari pertanyaan-pertanyaan semacam, “Apa yang saya lakukan untuk kegiatan sehari-hari?” maka pemasaran adalah pengidentifikasian kebutuhan pelanggan, mempertemukan kebutuhan itu yang berhubungan dengan pengembangan produk, dan menyampaikannya kepada pelanggan secara efektif sehingga Anda dapat memuaskan kebutuhan mereka sesuai dengan harga, saluran komunikasi yang tepat, pesan yang benar dan media yang tepat untuk pesan-pesan tersebut. Satu hal, semuanya itu tidaklah rumit. Pemasaran adalah hal-hal biasa yang diaplikasikan.” Menurut Peter Liney, Marketing Manager, Concorde Supersonic Jet.

“Saya mendefinisikan pemasaran secara klasik. Pemasaran adalah melihat kebutuhan dan keinginan orang-orang serta memenuhi mereka dengan produk-produk tertentu yang tersedia sekarang, hari ini, atau pada masa yang akan datang.” Sam Howe, Marketing VP, South Western Bell.

“Pemasaran adalah menjual barang yang tidak dikembalikan ke orang yang menjualnya,” – anonymous.

“Pemasaran adalah mengetahui yang terbaik dalam hal-hal yang dianggap penting bagi pelanggan-pelanggan Anda,” – anonymous.