Pages

Wednesday, March 27, 2013

Apakah SOSTAC bisa berhasil?

Untuk saat ini mari kita lihat apakah para manajer pemasaran dapat mengadopsi pendekatan SOSTAC dalam proses perencanaan pemasaran mereka.

David Solomon, dari TVX, “Ini benar-benar merupakan suatu hal yang menarik, karena saat saya melihat apa yang telah saya kerjakan dalam beberapa bulan terakhir dan apa yang sedang kami rencanakan, terlihat bahwa ternyata kami mengikuti prinsip SOSTAC. Kecuali pada saat Anda memulai, dengan S (situation), kami tidak mengatakan di mana kami berada saat ini, karena kami sudah tahu di mana kami berada, yakni pada titik nol, kami memiliki segalanya untuk memulai pekerjaan. Jadi, kami benar-benar sudah berada pada tahap objectives (sasaran). Apa sasaran kami? Ke mana kami ingin pergi? Dan ke mana kami rasa kami dapat pergi? Dalam hal lainnya, kami melihat pada diri kami sendiri, kemudian baru mengikuti prinsip-prinsip SOSTAC.”

John Leftwick, dari Microsoft, “Kami menggunakan suatu prinsip yang mirip dengan SOSTAC dalam perencanaan pemasaran kami. Secara khusus, itu tergantung pada skala latihan pemasaran, tapi tentu saja, dalsm suatu rencana setahun penuh, struktur dokumennya mendekati rumus SOSTAC. SOSTAC merupakan sebuah disiplin ilmu yang sangat luar biasa dan merupakan cara untuk meyakinkan bahwa Anda benar-benar telah mempertimbangkan segala aspek dalam aktivitas pemasaran Anda, terutama dalam rangka pengimplementasian rencana. Sama halnya, saat menggunakan men, money, dan minutes, saya rasa untuk mengamankan budget saya, merupakan titik awal dan tentunya saya mempunyai pernyataan penting untuk meyakinkan bahwa itu akan dibelanjakan dengan efektif. Dalam bekerja dengan men (manusia), menyangkut tenaga pemasaran; maka sangat besar pengaruh individual seorang manajer pemasaran dan kemampuan mengenai seberapa baik para manajer pemasaran tersebut dapat mempengaruhi dan mengatur serta mendapatkan persetujuan dan komitmen dari tenaga penjualan untuk membantunya dalam menyebarluaskan rencana. Kemudian minutes (menit) yang dijabarkan dalam skala waktu sehingga mereka dapat mengimplementasikan dan menyebarkan rencana mereka.”

Sam Howe, dari South Western Bell (salah satu perusahaan telkom nasional di AS), “Kami memang mempunyai pendekatan dalam menyusun sebuah rencana pemasaran dan hampir sama dengan SOSTAC. Kenyataannya, pendekatan tersebut memasukkan elemen kunci untuk mengerti apa yang dimaksud dengan situation; melihat lingkungan sebagai indikator kunci; memperoleh berbagai kesumpulan tentang maksudnya, sehingga orang tidak mempunyai interpretasi yang berbeda tentang situasi yang sedang terjadi; kemudian melaksanakan dan menulis sasaran, waktu dan tingkatan yang sangat spesifik; strategi yang membicarakan dengan panjang lebar mengenai ke mana kita akan pergi dan taktik yang spesifik. Sekarang saya ingin menindaklanjuti masalah taktik, yang Anda miliki dalam SOSTAC – dengan aksi (tindakan) tertentu; jadi, sebuah taktik mungkin saja berupa ucapan, ‘Mari kita luncurkan kampanye iklan pada tanggal ini’, tetapi aksi yang bijaksana mungkin menyatakannya dengan, ‘Biarkan direct mail masuk dalam tiga gelombang setelah tanggal ini.’ Itu sangat spesifik. Sekarang yang terakhir, kita mengerjakan agak sedikit informal, namun saya pikir, SOSTAC benar-benar dapat melengkapinya, apakah kembali dan melihat keutamaan pengawasan – bagaimana Anda tahun jika Anda sukses? Bagaimana Anda tahu jika Anda harus membuat beberapa penyesuaian selama proses berlangsung? Hal-hal tersebut sangat penting untuk membuat suatu kampanye berhasil, atau inisiatif pemasaran secara keseluruhan. Saat kami mengerjakan rencana pemasaran, tentunya kami membuat suatu trade-off seperti 3M. kami selalu mengukur apakah ini membutuhkan lebih banyak tenaga kerja atau membutuhkan uang yang lebih banyak; berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkannya, setiap hari Anda membuat trade-off. Saya akan memberi Anda sebuah contoh, kami bertanya kepada diri kami sendiri, berapa sering kami harus melakukan survei pelanggan mengenai persepsi mereka atau kesadaran mereka terhadap program kami. Baiklah, kami dapat melakukan survei bulanan, tetapi hal itu membutuhkan biaya yang cukup besar, jadi kami memutuskan untuk melakukan survei kuartalan dengan sample yang lebih besar dan mendapatkan data statistik yang lebih baik tentang apa yang sedang terjadi di pasar. Ini lebih akurat, tetapi frekuensinya sedikit, jadi kami melakukan trade-off antara ukuran waktu dengan uang dalam rangka mendapatkan apa yang kami butuhkan.”

Jadi dalam prakteknya SOSTAC +3M sungguh-sungguh terjadi!